loading...

Bussines Intelligence

Saat ini informasi sudah menjadi komponen penting dalam kehidupan sehari – hari terutama dalam mengambil keputusan, contoh yang paling sederhana adalah kita melihat ramalan cuaca sebelum kita menjalankan aktivitas agar kita dapat melakukan aktivitas dengan lancar. Saat ini banyak sekali informasi yang ada namun bagaimana membuat informasi tersebut menjadi tepat guna (efektif) agar dapat ditangkap dengan cepat, mudah dipahami dan dapat membuat kita dapat membuat keputusan yang tepat ? salah satu jawaban dari hal tersebut adalah Business Intelligence.

Terdapat berbagai definisi dari Business Intelligence (BI). Menurut Wikipedia, Business Intelligence adalah sekumpulan teknik dan alat untuk mentransformasi dari data mentah menjadi informasi yang berguna dan bermakna untuk tujuan analisis bisnis. Teknologi BI dapat menangani data yang tak terstruktur dalam jumlah yang sangat besar untuk membantu mengidentifikasi, mengembangkan, dan selain itu membuat kesempatan strategi bisnis yang baru. Tujuan dari BI yaitu untuk memudahkan interpretasi dari jumlah data yang besar tersebut. Mengidentifikasi kesempatan yang baru dan mengimplementasikan suatu strategi yang efektif berdasarkan wawasan dapat menyediakan bisnis suatu keuntungan pasar yang kompetitif dan stabilitas jangka panjang.




  • Contoh Perusahaan yang Menerapkan BI (Bussines Intelligence)




Blue Bird Group adalah market leader dalam bisnis transportasi Taxi, Blue Bird sudah menjadi brand yang kuat dan dikenal luas oleh masyarakat. Diawali dengan armada 25 taksi pada tahun 1972, kini setelah lebih dari 30 tahun mendalami bisnis jasa transportasi, Blue Bird telah berkembang pesat dengan sekitar 12000 armada-nya yang tersebar di seluruh penjuru Jakarta. Sebuah prestasi luar biasa untuk sebuah usaha jasa transportasi dengan jumlah armada yang sangat banyak.


Perusahaan transportasi blue bird berhasil mengimplemantasikan solusi Business Intelligent (BI), yakni SAP NetWeaver Business Intelligent (SAP NetWeaver BI). Dengn menerapkan BI, Blue bird dapat mengolah data mentah menjadi informasi pendukung pengambilan keputusan perusahaan dan proses bisnis sehingga mampu memberikan gambaran lengkap dari bisnis untuk memenuhi kebutuhan yang berbeda dari para pengguna, professional TI dan manajemen senior.

0 Comments

Leave a comment